Selasa, 14 Februari 2017

PENGENALAN BAHASA ASSEMBLY

        Suatu sistem komputer harus memiliki 3 komponen agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumberdaya manusia (brainware).
        Perangkat keras (hardware) komputer adalah komputer dalam wujud fisik, yang terdiri dari sebuah kotak CPU, monitor, keyboard, printer, dan perangkat pendukung lainnya. Perangkat lunak (software) komputer merupakan sebuah program yang ditulis dan dikemas sedemikian rupa untuk mengendalikan perangkat keras sehingga dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah barang rongsokan yang tidak dapat digunakan sama sekali. Brainware (manusia dengan segala kemampuannya) merupakan subjek yang menjalankan komputer.manusia yang menulis program (software), menjalankan program dan memerintahkan program agar melakukan sesuatu.

A. Penggolongan Perangkat Lunak
        Secara umum, perangkat lunak dapat dibedakan atas 5 golongan, yaitu Sistem Operasi (operating system), Program Bantu atau Program Utilitas (utility), Program Paket (paxkage program), Program Aplikasi (application program), dan Bahasa pemograman (programing language).

1. Sistem Operasi
        Sistem operasi merupakan perangkat lunak uang menangani fungsi-fungsi dasar dan menyediakan fasilitas-fasilitas tertentu sehingga golongan perangkat lunak lainnya dapat bekerja. Tanpa sistem operasi, komputer dan golongan perangkat lunak yang lain tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya.
        Beberapa perangkat lunak yang tergolong sebagai sistem operasi adalah sebagai berikut.
a. PC-DOS (Personal Computer Disk Operating System), metupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk komputer-komputer pribadi diindonesia
b. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), merupakan versi lain dari sistem operasi PC-DOs.
c. OS/2 (Operating System 2), merupakan sistem operasi yang dibuat untuk keluarga komputerPS/2.
d. UNIX, merupakan sistem operasi pada awalnya diciptakan untuk komputer-komputer besar (mainframe), kemudian dikembangkan untuk komputer sedang (minicomputer), dan terakhir untuk komputer pribadi. 
2. Program utilitas
      Program utilitas merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan minor dalam pengoperasian suatu sistem, seperti manajemen berkas (mengkopi dan menghapus berkas, membatalkan penghapusan berkas, mengelompokkan berkas kedalam suatu direktori), diagnosa dan perbaikan berkas yang rusak, fragmentasi media penyimpan (memaksimalkan penggunakan harddisk atau disket, dan lain-lain.
      Beberapa contoh perangkat lunak yang tergolong sebagai program utilitas adalah
a. NC (Norton Commander)
b. NU (Norton Utility)
c. PC-TOOLS
d. Advance Diagnostic
e. dan lain-lain
3. Program Paket
      Program paket adalah sebuah perangkat lunak yang kompleks untuk mengerjakan keperluan-keperluan tertentu. Program paket masih dapat digolongkan lagi kedalam beberapa golongan.
a. Pengolahan Kata (Word Processor), merupakan paket program yang memanfaatkan komputer sebagai sebagai mesin ketik canggih. Contoh:Wordstar, Chi Writer, Word Perfect, MS Word, dan lain-lain.
b. Spreadsheet, merupakan paket program yang membuat komputer dapat berfungsi sebagai kertas kerja yang dilengkapi dengan fasilitas perhitungan-perhitungan otomatis. Contoh:Lotus 1-2-3, Quatro, MS Excel, dan lain-lain.
c. Publisher, merupakan paket program yang diciptakan untuk keperluan setting percetakan (mengatur tampilan halaman surat kabar, majalah, tabloid, dan buku). Contoh: PageMaker, Ventura, Harvad Publisher, dan lain-lain.
d. Computer Aided Design, merupakan paket program yang diciptakan khusus untuk keperluan desain (perancangan). Contoh: AutoCad (paket program untuk perancangan arsitektur bangunan,produk manufaktur), OrCard dan Protel (untuk perancangan rangkaian elektronika analog maupun digital), dan lain-lain.
4. Program Aplikasi
      Program aplikasi merupakan program yang siap dipakai untuk beberapa aplikasi tertentu. Beberapa program yang dapat digolongkan sebagai program aplikasi adalah DEA (Dac Easy Accounting). Form Tool, PrintShop, dan lain-lain.


1 komentar: