Jumat, 24 Februari 2012

PENYAKIT PEDIKULOSIS

            Pedikulasi disebabkan oleh ektroparasit yang hidup parasitik pada manusia yaitu famili pediculidae yang termasuk dalam ordo Anoplura. Tiga spesies penting yang hanya hidup parasitik pada adalah pediculus humanus capitis, P.humanus corposis dan phthirus pubis. ektoparasit ini tersebar luas diseluruh dunia terutama di daerah beriklim dingin yang penduduknya sering berpakaian tebal, jarang mandi dan kurang menjaga kebersihan badannya. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan langsung antar individu, atau melalui benda-benda pribadi yang digunakan bersama-sama, misalnya topi, pakaian dalam, dan sisir. phthirus pubis sering ditularkan melalui hubungan kelamin. Pada suhu 5 derajat celcius phthius pubis mampu hidup dua hari tanpa makan , sedang pediculus humanus dapat bertahan hidup sepuluh hari. pada suhu 40 derajat celcius semua parasit dewasa spesies tersebut akan mati, tetapi telurnya masih dapat hidup selama 15 menit  pada suhu 60 derajat celcius.
             Morfologi. Anoplura mempunyai 3 pasang kaki yang ujungnya berkait untuk melekatkan diri pada rambut hospes. dibelakangnya antena yang terdiri dari 5 segmen terdapat satu pasang mata yang kecil ukurannya. Telur parasit yang berwarna putih dan berbentuk lonjong ini mempunyai penutup telur (operkulum). Telur juga berperekat sehingga telur mampu melekat erat pada rambut. Dalam satu hari, seekor betina bertelur sebanyak 6 sampai 9 butir.
              Pediculus humanus bentuk tubuhnya memanjang, dengan batas ruas yang jelas, dengan ujung posterior meruncing. pediculus humanus capitis bentuk ttubuhnya sangat mirip dengan P.humanus corporis sehingga sukar dibedakan, kecuali dari ukuran panjang badannya.Pedicullus humanus corporis panjang badannya antara 2-4 mm, P.humanus capitis antara 1-4 mm. Bentuk kepala pedicullus humanus ovoid dan bersudut, sedang semua kakinya berukuran sama besar.
               Phthirus pubis yang bentuk tubuhnya bulat seperti kura-kura, ukuran panjang tubuhnya antara 0.8 sampai 1.2 mm, dengan kepala yang berbentuk segi empat. Ruas-ruas abdomen parasit ini tidak jelas batasnya. Ciri khas laki-laki phthirus pubis adalah pasangan kaki pertama lebih kecil dari pada pasangan kaki kedua dan ketiga.

Gejala klinis  dan diagnosis pedikulosis
                 Infestasi anoplura pada manusia disebut pedikulosis. gigitan parasit menimbulkan iritasi kulit yang terjadi akibat liur dikeluarkan pada waktu menghisap darah mangsanya. Iritasi kulit dapat terjadi berlangsung selama beberapa hari. Akibat gigitan parasit terbentuk papul berwarna merah yang terasa sangat gatal. Kulit membengkak dan berair. Infestasi berulang menyebkan terjadinya pengerasan kulit disertai pigmentasi. Keadaan ini disebut morbus errorum atau vagabond's disease. Jika akibat garukan terjadi infeksi sekunder, akan timbul pustula, krusta atau proses penanahan. Penderita dapat terganggu tidurnya dan menglami depresi mental.
                  Diagnosis pedikulosis diarahkan jika klinis terjadi rasa gatal disertai bekas garukan, dan diagnosis pasti dapat ditegakan jika ditemukan parasit dewasa atau telurnya.

Pengobatan dan pencegahan pedikulosis
                   Pengobatan pedikulosis ditunjukan untuk mengobati rasa gatal dan terhadap parasitnya dapat diberikan insektisida atau benzoas benzylicus emulsion.
1. Pediculus humanus corporris
2. Pediculus hominis capitis
3. phthirus pubis
                  Mengobati penderita dengan baik akan mencegah penularan pedikulosis oleh penderita yang menjadi sumber infeksi. Selain itu harus dihindari kontak langsung dengan penderita, bila perlu penderita diisolasi, misalnya pada penderita skabies.

Penyakit yang ditularkan oleh anoplura
                  Hanya pediculus humanus corporis yang dapat menjadi vektor penular penyakit:
1. Epidemic thyphus (typus fever)
2. pidemic relapsing fever
3. ternch fever  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar