Minggu, 26 Februari 2012

Skabies

PENGERTIAN 
          Skabies adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh Sarcoptes scabiei tungau (mite) berukuran  kecil yang hidup didalam kulit penderita. Tungau yang tersebar luas di seluruh dunia ini dapat ditulakan dari hewan ke manusia dan sebaliknya.
          Pada Sarcoptes scabiei, tungau ini berukuran antara 200-450 mikron, berbentuk lonjong, bagian dorsal konveks sedangkan bagian ventral pipih.

PENULARAN SKABIES
          Skabies ditularkan dari seorang penderita pada orang lain melalui kontak langsung yang erat, misalnya dari ibu ke anak bayinya, antara anggota keluarga, dan antara anak-anak penghuni panti asuhan yang tidur bersama-sama di satu tempat tidur.
          Anjing dan kucing penderita skabies yang hidup di dalam rumah dapat menjadi sumber penularan yang penting bagi keluarga yang memeliharanya.

DIAGNOSIS SKABIES
          Gejala klinis yang menjadi dasar diagnosis skabies adalah rasa gatal yang hebat, yang terutama terjadi pada malam hari. Lokasi kelainan kulit yang sering dijumpai adalah di daerah sela-sela jai tangan dan kaki, ketiak, daerah umbilikus, dan sekitar puting susu.
          Infeksi sekunder sering terjadi berupa radang kulit bernanah (piodermi). Kerokan kulit yang diperiksa di bawah mikroskop akan menunjukkan adanya parasit yang spesifik bentuknya.

PENGOBATAN SKABIES
          Parasit dapat diberantas dengan emulsi benzoas bensilikus 25% gamma bensen heksaklorida 1% atau monosulfiram 25%.
         Antibiotika diberikan jika terjadi infeksi sekunder oleh kuman, dan antihistamin diberikan untuk mengatasi gatal-gatal hebat yang dikeluhkan oleh pederita.


PENCEGAHAN SKABIES
          Penderita sebagai sumber infeksi harus diobati dengan sempurna. kontak dengan pederita, baik manusia maupun hewan harus dihindari. selain itu selalu menjaga kebersihan badan dengan mandi dua kali sehari dengan sabun secara teratur serta menjaga kebersihan, mencuci dan merendam dalam air mendidih alas tidur dan alas bantal yang digunakan penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar