Minggu, 04 Maret 2012

PENYAKIT GONORE

            Gonoe atau "rajasinga" adalah penyakit kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual, disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae. penyakit ini tersebar luas diseluruh dunia, lebih luas dari pada penyebaran sifilis.

Neisseria gonorrhoeae
             Kuman gonore berbentuk diplokokus yang pada pewarnaan bersifat Gram-negatif, dengan ukuran garis tengah kuman sekitar 1 mikron. Pada biakan di medium Thayer-Martin pada suhu kamar (suhu 35 derajat- 36 derajat celcius) di dalam inkubator CO2, koloni berbentuk cembung, tembus sinar, dengan ukuran garis tengah 1-2 mm. Koloni kuman tidak membentuk pigmen dan tidak menimbulkan hemolisis pada medium.


Penularan gonore
             Penularan gonore melalui hubungan seksual merupakan penyebaran utama penyakit ini. Penyebaran gonore sukar dihentikan karena banyak strain kuman gonore telah kebal terhadap banyak antibiotika yang digunakan sebelumnya. karier gonore yang meningkat jumlahnya menyebabkan pemberantasan dan pencegahan penyakit kelamin ini sukar dilakukan.

Pengobatan dan pencegahan gonore
              Terhadap kuman gonore yang masih peka dapat diobati dengan berbagai jenis antibiotika yang diberikan sebagai dosis tunggal. Antibiotika yang bisa diberikan adalah Penisilin (ampisilin, amoksisilin), Kuinolon (ofloksasin, norfloksasin), Sefalosporin (cefpodoksim proksetil, ceftriakson disodium intramuskuler) dan Aminoglikosid (gentamisin, intramuskuler)
             Pada gonore dengan penyebaran luas (disseminated gonorrhea) pemberian antibiotika harus diberikan dengan dosis tinggi yang diberikan secepat mungkin.
             Untuk mencegah penyebaran gonore, pekerja seks komersial (PSK) penderita gonore harus diobati dengan cepat dan tepat, karena merupakan sumber penularan utama gonore. Pemeriksaan kesehatan seksual PSK harus dilakukan secara teratur.
             Untuk mencegah penularan gonore mata pada bayi yang dilahirkan oleh ibu penderita gonore, mata bayi harus ditetesi dengan larutan perak nitrat atau penisilin segera sesudah bayi dilahirkan.







2 komentar:

  1. Saran saya jika ingin mengobati penyakit gonore sebaiknya dengan ramuan herbal yang lebih aman dan tanpa efek samping bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang justru terkadang menimbulkan komplikasi.

    Obat Penyakit Gonore

    BalasHapus
  2. iya mba tpi itu kan dari ilmu kedokteran

    BalasHapus