Minggu, 11 Maret 2012

PENYAKIT HEPATITIS VIRAL

           Hepatitis pada manusia yang disebabkan oleh virus hepatitis tersebar luas diseluruh dunia. Terdapat 3 jenis virus penyebabnya, yaitu virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB) dan virus hepatitis C (VHC).


Penyebaran hepatitis viral
            VHA ditularkan dari penderita ke orang lain lewat jalur fekal-oral, sedangkan VHB ditularkan secara parenteral (melalui suntikan) dan melalui kontak seksual.

Diagnosis klinis hepatitis
            Masa inkubasi dapat berlangsung lama (sekitar 120 hari) atau berlangsung pendek, kurang dari 45 hari. Pada hepatitis dengan masa inkubasi kurang dari 45 hari, gejala-gejala timbul mendadak berupa demam, malaise, anoreksia, mual dan ikterus. Pada hepatitis dengan masa inkubasi panjang, gejala klinis umumnya ringan dan terjadi perlahan-lahan tanpa disertai demam.
            Pemeriksaan darah menunjukan fungsi hati terganggu dengan SGPT dan SGOT meningkat, alkali fosfatase dan bilirubin serum meningkat. IgG dan IgM meningkat dan TTT (Thymol tubidity Test) menunjukan   hasil positif. Pada masa inkubasi dan pada fase awal penyakit, virus VHA sudah berada didalam darah dan tinja penderita. Pemeriksaan urine penderita menunjukan bilirubin yang meningkat dan protein positif.

Pengobatan hepatitis viral
            Belum ada obat yang spesifik untuk membasmi virusnya. Penderita harus beristirahat penuh dan mendapatkan diet yang adekwat. Jika ikterus berlangsung lama, Penderita diberi vitamin K.

Pencegahan hepatitis
            Untuk mencegah penularan hepatitis A, diberikan gamma globulin pada orang-orang yang sering berhubungan dengan penderita, misalnya dokter, perawat dan keluarga penderita. Higiene sanitasi perorangan dan lingkungan harus dijaga dengan baik untuk menghindari kontak dengan bahan infektif baik yang berasal dari manusia maupun dari hewan.
            Vaksinasi terhadap hepatitis B dilakukan menggunakan B-HEPAVAC dan HEVAC-B-Pasteur.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar